5 Alasan AS Meminta Bantuan China atas Serangan Houthi di Laut Merah


loading…

AS meminta bantuan China untuk menghentikan serangan Houthi di Laut Merah. Foto/Reuters

TEHERAN – Amerika Serikat telah meminta bantuan China untuk mendesak Teheran mengendalikan pemberontak Houthi yang didukung Iran yang menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah.

Para pejabat telah berulang kali mengangkat masalah ini kepada para pejabat tinggi China dalam tiga bulan terakhir, meminta mereka untuk menyampaikan peringatan kepada Iran agar tidak mengobarkan ketegangan di Timur Tengah setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan perang yang terjadi setelahnya.

Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan dan wakilnya, Jon Finer, membahas masalah ini dalam pertemuan bulan ini di Washington dengan Liu Jianchao, kepala departemen internasional Partai Komunis China, menurut para pejabat AS. Menteri Luar Negeri Antony Blinken juga mengangkatnya isu tersebut.

Namun para pejabat AS mengatakan hanya ada sedikit bukti bahwa China telah memberikan tekanan pada Iran untuk menahan kelompok Houthi, selain pernyataan ringan yang dikeluarkan Beijing pekan lalu yang menyerukan “pihak-pihak terkait” untuk memastikan jalur yang aman bagi kapal-kapal yang berlayar melalui Laut Merah, yang merupakan rute pelayaran penting. untuk perdagangan global.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Beijing menyerukan penghentian “gangguan terhadap kapal sipil” dan telah “berkomunikasi erat dengan berbagai pihak dan bekerja secara aktif untuk meredakan ketegangan di Laut Merah”.

Namun, dalam kritik terselubung terhadap serangan AS dan Inggris terhadap Houthi, kementerian tersebut mendesak “pihak-pihak terkait untuk menghindari menambah bahan bakar ke dalam konflik”, dan menambahkan bahwa Dewan Keamanan PBB “tidak pernah mengizinkan penggunaan kekuatan oleh negara mana pun di Yaman. ”.

Ketegangan di Laut Merah juga merupakan “limpahan” dari konflik Gaza, yang harus diakhiri sesegera mungkin, kata kementerian tersebut.

Dorongan diplomatik terhadap Beijing terjadi ketika AS dan sekutunya terus mengebom posisi Houthi di Yaman sebagai tanggapan atas setidaknya 33 serangan Houthi terhadap kapal komersial yang transit di Laut Merah sejak pertengahan November. AS dan Inggris kembali melakukan serangan luas pada hari Senin.

Kelompok Houthi didukung oleh Iran, yang telah menikmati hubungan komersial dan diplomatik yang lebih erat dengan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

5 Alasan AS Meminta Bantuan China atas Serangan Houthi di Laut Merah

1. China Adalah Investor Utama bagi Iran

Foto/Reuters

Analis Gregory Brew dari Eurasia Group dan Ali Vaez dari International Crisis Group mengatakan China memiliki potensi pengaruh terhadap Iran karena pembelian minyaknya dan karena Iran berharap dapat menarik lebih banyak investasi langsung Chinadi masa depan.


Posted

in

by